0

Tafsir Surat Yasin

Kategori: Terjemah Kitab | Dilihat: 73 Kali
Harga: Rp 22.40020%
Rp 28.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Whatsapp SMS Telp
Rincian Buku :
» Pengarang : Syeikh Hamami Zadah
» Alih Bahasa : Achmad Sunarto
» Penerbit Mutiara Ilmu
» Cover : Soft Cover
» Dimensi : 14 x 20 cm
» Isi Kertas : HVS Paper
» Jumlah Halaman : 202 Hal.
» Berat : 210 Gram

Deskripsi Produk

Setelah menerangkan beberapa keistimewaan surah Yasin berdasarkan hadits, Syaikh Hamami lalu menjelaskan beberapa pendapat mufasir terkait ayat pertama, Ya-sin. Sedikitnya ada lima pendapat.

Pertama, makna di balik lafal Ya-sin adalah yaa insan yang berarti wahai manusia. Mereka berargumen bahwa orang Arab memiliki sebuah adat kebiasaan menyingkat kalimat dengan mengambil satu huruf dari tiap-tiap kata. Ya merupakan kependekan dari huruf nida’ (yaa) dan sin adalah kependekan dari kata insan. Jadilah Ya-sin. Dan yang dimaksud manusia di situ bukan lain adalah Kanjeng Nabi Muhammad Saw.

Kedua, sebagian mufasir mengatakan makna di balik lafal tersebut adalah ya sayyid al-mursalin. Argumen mereka masih sama dengan pendapat pertama. Ketiga, Ya-sin merupakan satu di antara nama-nama al-Quran. Keempat, Ya-sin merupakan satu di antara Asmaul Allah. Dan yang kelima, Ya-sin adalah nama surah al-Quran.

Walakhir, menurut Kiai Bisri Musthafa dalam kitab yang sama, ada 3 pokok utama yang terkandung dalam surah Yasin. Pertama, menerangkan tentang sifat wahdaniyyah (ke-Esaan) Allah. Kedua, kebenaran risalah Kanjeng Nabi, dan yang ketiga, adanya hari pembangkitan dan kiamat yang pasti terjadi kelak. Wallahu a’lam.

Produk Terkait
Butuh Bantuan?