0

Terjemah QOMIUT TUGHYAN Menyingkap 77 Rahasia Cabang Keimanan

Kategori: Terjemah Kitab | Dilihat: 86 Kali
Harga: Rp 12.00020%
Rp 15.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Whatsapp SMS Telp
Rincian Buku :
» Pengarang : Syeikh Muhammad an Nawawi
» Alih Bahasa : Muhammad Tsaqief
» Penerbit Mutiara Ilmu
» Cover : Soft Cover
» Dimensi : 14 x 20 cm
» Isi Kertas : HVS Paper
» Jumlah Halaman : 134 Hal
» Berat : 160 Gram

Deskripsi Produk

Qomiut Thughyan adalah kitab komentar/ syarah dari Syair/ Nadzam Syubul Iman (cabang Iman) karya Syaikh Zainuddin bin Ali bin Ahmad as-Syafii al-Kusyini al-Fannani al-Malibari (wafat tahun 972 H).

Daerah Malibar pada era ini berada dalam otoritas wilayah India Selatan. Selain kitab “Cabang Iman”, Syaikh Zainudin juga menulis kitab yang familiar di telinga santri Indonesia yaitu Fathul Muin.

Kitab asli dari syubatul Iman adalah karya Sayyid Nurudin Al-Iji. Kitab ini berbahasa Persia dan dialih bahasakan ke dalam Bahasa Arab dalam bentuk bait syair berjumlah 26 buah. Dari jumlah 26 bait, Imam Nawawi menambahkan 3 bait di awal kitab dan oleh Ulama lain ditambah 1 dibelakang, menjadikan bait syair lengkap 30.

Isi utama dari kitab Qomiut Thughyan adalah menerangkan tentang cabang-cabang Iman. Beliau Imam Nawawi Al-Bantani menyebut bahwa cabang Iman terbagi menjadi 77 macam. Kata-kata Nawawi Al-Bantani mendasarkan pada Hadits Rasulullah SAW;

قال رسول الله صل الله عليه وسلم الايمان بضع وسبعون شعبة فافضلها قول لا اله الله وادناها اماطة الاذى عن الطريق والحياء شعبة من الايمان

Rasulullah SAW berkata; Iman memiliki 77 cabang, cabang tertinggi adalah Lafadz “Tiada Tuhan selain Allah. Dan yang paling rendah adalah menyingkirkan bahaya dari Jalan. Dan sikap Malu adalah salah satu dari Iman.

Dari ketujuh puluh tujuh cabang iman tersebut dapat dikategorikan dalam dua kategori. Kedua kategori tersebut adalah cabang iman yang berkaitan dengan persoalan aqidah atau Teologi dan kaitanya dengan akhlak atau budi pekerti.

Produk Terkait
Butuh Bantuan?