0

Kitab AN NAWADIR Makna Pesantren

Kategori: Kitab Kuning & Makna | Dilihat: 115 Kali
Harga: Rp 40.00020%
Rp 50.000
Tambah ke Wishlist

Pemesanan Juga dapat melalui :

Whatsapp SMS Telp
Rincian Kitab:
Pengarang : Syekh Ahmad Syihabuddin
Penerbit : Hidayatut Thullab
Jilid Cover : HC (Hard Cover)
Dimensi : 16 x 24 cm
Isi Kertas : Nanking Paper
Jumlah Halaman : 223 Hal
Berat : 460 Gram

Deskripsi Produk

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.”

Setiap kisah memiliki hikmah, dan setiap hikmah membawa berkah. Goresannya yang sederhana, mampu menyiratkan kisah penuh makna. Mencubit, tanpa menimbulkan luka. Menyisakan keteduhan rasa. Seperti itulah kisah, syarat makna dan mutiara yang coba dituturkan oleh Abd. Hakim Ridlwan dalam buku “Mutiara Hikmah Tasawuf Terjemah Kitab an-Nawadir.”

Secara terminologi Arab, an-Nawadir artinya yang langka atau anekdot. Sebuah cerita singkat yang menarik dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Dalam Alquran sering kali dipaparkan oleh Tuhan tentang kisah-kisah umat terdahulu. Mulai dari yang meraup kenikmatan dan tertimpa penderitaan. Semua memiliki hikmah dan ibroh bagi umat selanjutnya dalam bertindak. Kisah menjadi sebuah acuan untuk pribadi dan kelompok dalam memilih dan memilah berbagai hal agar tak salah langkah.
Kisah bukan hanya sekadar cerita, bisa juga sebagai informasi. Semua informasi yang dilihat, didengar, dicium, dan dirasa oleh manusia sebagian akan masuk ke alam bawah sadar mereka. Itulah cara otak mengurangi beban agar bisa fokus pada hal-hal yang sedang dihadapi di alam sadar. Apa yang sudah tersimpan di alam bawah sadar, akan muncul sewaktu-waktu bila manusia menghadapi masalah yang relevan dengan informasi itu.

Budaya berkisah tentang cerita yang baik dan motivasi perlu dihidupkan di zaman yang serba mobile seperti sekarang ini. Segala sesuatu semakin mudah dan instant. Padahal jika ditelisik lebih dalam, berkisah mempunyai power dalam membentuk kepribadian seseorang.

Seorang psikolog bernama David Mc Clelland pernah melakukan penelitian sejarah terhadap dua bangsa besar yang saling bersaing beberapa abad lampau: Inggris dan Spanyol. Sejarah menunjukkan bahwa Inggris lah yang akhirnya menang. Mc Clelland menemukan rahasia kemenangan Inggris, ternyata para orang tua selalu mendongengkan kisah-kisah yang mengubah nasib manusia kepada anak-anak mereka. Itulah sebabnya para pemuda Inggris pantang menyerah untuk meraih kejayaan, baik bagi diri maupun bangsa mereka.

Produk Terkait
Butuh Bantuan?