Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Budidaya Bawal Air Tawar di Kolam Terpal Budidaya Bawal Air Tawar di Kolam Terpal Roll over image to zoom in

Budidaya Bawal Air Tawar di Kolam Terpal

Kode Produk : DI38706
ISBN : 978-979-29-1430-6
Penulis : M.Ghufran H.Kordi K.
Penerbit : Penerbit Andi
Tahun Terbit : 2015
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Andi Publisher Supplier Dikirim dari Kota Yogyakarta - D.I. Yogyakarta
Kategori : Perikanan
Cover : Soft Cover
Dimensi : 14 x 21 cm
Jumlah Halaman : 102
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 250 gr
Stok Produk : Gudang Supplier Proses Pengiriman Stok Tersedia. Dikirim dalam 24 Jam
Harga Dropshipper : Rp 24.800 Info Dropship Detail

Rp 31.000

Rp 27.900

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Bawal air tawar adalah salah satu ikan air tawar penting di Indonesia yang merupakan ikan introduksi yang kini banyak dibudi dayakan oleh petani ikan. ikan ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu  Pertumbuhannya relatif cepat (3-4 bulan pemeliharaan dapat mencapai ukuran konsumsi - 300-400 g/ekor); Kebutuhan protein dalam pakannya relatif rendah (Kandungan protein 25-27 % pada pakannya sudah dapat memacu pertumbuhan); Dapat bertahan pada perairan dengan kandungan oksigen minimum; Tahan terhadap serangan penyakit; dan Dapat diproduksi sebagai ikan hias, ikan konsumsi, dan ikan untuk kolam pemancingan.

Karena keunggulan inilah bawal air tawar menjadi salah satu ikan yang prospektif. Bawal air tawar dapat menjadi substitusi bawal dari laut yang selama ini dikenal sebagai salah satu ikan penting, yang dihidangkan sebagai sea food. Sebagai ikan alternatif, posisi bawal air tawar cukup strategis, karena produksi bawal laut bergantung pada musim.  Bawal air tawar dapat dipelihara di berbagai wadah budi daya yaitu di kolam air mengalir atau kolam air tenang (KAT), hampang, keramba, keramba jaring apung (KJA) kolam tadah hujan (KTH), dan kolam terpal (KT). 

Budi daya bawal air tawar di KT merupakan salah satu inovasi dalam pemanfaatan lahan kritis dan sempit.  Keunggulan kolam terpal adalah dapat diterapkan di berbagai tempat, tidak harus di lahan yang ideal sebagaimana pembangunan kolam konvesional.  KT juga mudah dibersihkan dan dipindahkan, padat penebarannya dapat ditingkatkan, sintasan atau kelangsungan hidup (survival rate) lebih tinggi, pertumbuhan ikan dapat dipacu, dan ikan hasil panen tidak berbau lumpur.  Di samping itu, secara teknis pembuatan dan pemeliharaan ikan di KT lebih mudah, serta secara finansial lebih murah.

Review Budidaya Bawal Air Tawar di Kolam Terpal


Produk Terkait dengan Budidaya Bawal Air Tawar di Kolam Terpal