Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit Roll over image to zoom in

58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit

Kode Produk : DI41239
ISBN : 9789790023475
Penulis : Sukamto Ilham
Penerbit : Penebar Swadaya
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Duta Ilmu Supplier Dikirim dari Kabupaten Tuban - Jawa Timur
Kategori : Pertanian & Perkebunan
Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 23 cm
Jumlah Halaman : 83
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 250 gr
Stok Produk : Stok Habis Ingin Order?
Harga Dropshipper : Rp 28.000 Info Dropship Detail

Rp 35.000

Rp 29.750

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Indonesia kini menjadi produsen minyak sawit mentah (CPO) terbesar di dunia dengan produksi sekitar 18 juta ton. Namun, dari sisi tingkat produktivitas tanaman, Indonesia kalah jauh dari Malaysia. Produktivitas tandan buah segar (TBS) di Malaysia sudah mencapai 25 ton/hektare/tahun, sementara Indonesia hanya 15 ton/hektare/tahun.

Ternyata, tingkat produktivitas kelapa sawit terkait erat dengan perlakuan tanaman ini selama masa daur produksi. Nah, untuk mengetahui cara perlakuan tanaman sawit dengan benar, sudah banyak bacaan menyajikannya. Terbaru adalah buku 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Kelapa Sawit karangan Ir H Sukanto ITN MSc.

Buku praktis terdiri 6 bab ini menjelaskan kaidah budidaya kelapa sawit yang benar. Mulai dari segi pembibitan, pembukaan lahan, penanaman, pemeliharaan, pemrosesan, hingga pengelolaan sistem kerja di dalam kebun.

Pada bagian awal buku, memaparkan tentang kelapa sawit sebagai tanaman multiguna, baik untuk pangan maupun nonpangan. Selain menghasilkan CPO dan minyak inti sawit (PKO), produk turunan sawit berupa biodiesel. Dari bungkil sawit dapat dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak dan tandan kosong sawit bisa diolah menjadi pupuk atau kertas. Selanjutnya, buku ini menerangkan cara-cara untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Intinya, produktivitas kelapa sawit perlu dijaga karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain kesesuain lahan, kualitas benih, pemeliharaan, dan pengaturan peremajaan.

Proses pemanenan TBS penting sekali, sebab untuk menghasilkan mutu kelapa sawit unggul perlu memperhatikan tahapan panen. Dengan cara memanen TBS yang baik, akan dihasilkan panen yang maksimal.

Bagaimana menghasilkan minyak kelapa sawit yang bermutu, sebab mutu minyak bisa diukur. Untuk menghasilkan minyak sawit bermutu, perlu tahapan pengolahan yang lumayan panjang.

Bagi siapa saja yang ingin mengetahui secara singkat cara mengolah kebun kelapa sawit, buku ini kiranya sangat cocok. Kendati jumlah halaman terbatas (63 halaman), buku ini mampu memberi informasi secara cukup tentang pengusahaan tanaman kelapa sawit.

Review 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit


Produk Terkait dengan 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas & Mutu Kelapa Sawit