Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Struktur Matematika Al-Quran Struktur Matematika Al-Quran Roll over image to zoom in

Struktur Matematika Al-Quran

Kode Produk : DI42478
ISBN : 9786028530613
Penulis : H. Ziyad Ul.Haq At-Tubany
Penerbit : Rahma Media Pustaka
Tahun Terbit : 2015
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Duta Ilmu Supplier Dikirim dari Kabupaten Tuban - Jawa Timur
Kategori : BUKU
Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 23 cm
Jumlah Halaman : 239
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 300 gr
Stok Produk : Gudang Duta Ilmu Proses Pengiriman Stock di Gudang Supplier

Rp 70.000

Rp 63.000

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT tak lepas dari hukum sebab akibat, semuanya sesuai menurut ukuran masing-masing. Contohnya manusia, sejak terlahir ia mengalami serangkaian sebab-akibat dan tahap perkembangan yang terlihat jelas pada perubahan tingkat pemikiran dan penalarannya. Itulah sunnstullah yang berlaku pada semua ciptaan-Nya.

Pengaruh sebab-akibat inilah yang mendorong munculnya metode Format dan Struktur Al-Qur’an. Dengan metode ini kita dapat menggali dan mengkaji ilmu Al-Qur’an yang mungkin luput dari pengalaman kita.

Dari eksplorasi mendalam terhadap Al-Qur’an, ditemukan salah satu mukjizat Al-Qur’an, yaitu segi format dan struktur yang aneh sekaligus unik. Aneh, sebab wahyu yang pertama kali turun, (QS. Al’Alaq : 1-5), justru ditempatkan pada urutan ke-96 dalam jajaran surah Al-Qur’an. Sedangkan, Al fatihah, surah yang kelima dan diturunkan setelah Al-Mudatsir, diletakan pada urutan pertama sebagai pembuka Al-Qur’an. Padahal idealnya yang pertama turun itulah yang menjadi pembuka atau awal.

Tercatat, sudah ada bebrapa ulama yang berusaha mengungkap rahasia konstruksi Al-Qur’an. Sebut saja As-Suyuthi lewat jkaryanya “Asrssru Tarbibi Suwaril Qur’an (Rahasia dibalik Urutan Surah Al-Qur’an), “Nadzmud Durari Fi Tanasubil Ay Was Suwari” (untaian Mutiara dalam Kesuaian (hubugan) Ayat dan Surah), karya Burhanudin Al-Biqa’iy, dan lain-lain.

Salah satu hikmah yang bisa digali dari format dan struktur Al-Qur’an adalah uraian tentang manusia baik secara fisik atau non fisik, perjalanan hidup secara psikologis, menjelaskan tentang rahasia shalat, alam dan seisinya. Masih banyak hikmah lain yang bisa digali dari format dan struktur Al-Qur’an, yaitu variable-variabel yang menyusun Al-Qur’an, antara lain, manzil, jus, surah, ayat, dan sebagainya.

Review Struktur Matematika Al-Quran


Produk Terkait dengan Struktur Matematika Al-Quran