Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Pancasila Pancasila Roll over image to zoom in

Pancasila

Kode Produk : DI66534
ISBN : 978-979-076-553-5
Penulis : Drs. H. Mahpudin Noor, M.Si. Suparman, M.Ag.
Penerbit : Pustaka Setia
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Setia Books Supplier Dikirim dari Kabupaten Bandung - Jawa Barat
Kategori : Sejarah
Cover : Soft Cover
Dimensi : 16 x 24 cm
Jumlah Halaman : 248
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 400 gr
Stok Produk : Gudang Supplier Proses Pengiriman Stock di Gudang Supplier

Rp 40.000

Rp 36.000

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Pancasila sebagai Dasar Filsafat Negara – Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan
Bangsa Indonesia – Pancasila sebagai Sistem Filsafat – Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan dalam Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara – Kewarganegaraan – Identitas Nasional – Negara – Membina Kesadaran Konstitusi – Demokrasi di Indonesia – Geopolitik Indonesia dan Wawasan Nusantara – Otonomi Daerah – Hak Asasi Manusia – Good Governance – Masyarakat Madani – Nilai-nilai Pancasila dan Pemilihan Umum di Indonesia – Peran Kaum Muda dalam Proses Internalisasi Nilai-nilai Demokrasi Pancasila – Aktualisasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara – Nasionalisme, Negara, dan Jati Diri Bangsa – Identitas Kultural Indonesia dan Homogenisasi Global – Amandemen Kelima UUD 1945 sebagai Langkah Mewujudkan Arsitektur Konstitusi Demokratik

Pancasila sebagai dasar filsafat negara dan filsafat hidup bangsa Indonesia pada hakikatnya mengandung nilai-nilai yang bersifat sistematis, fundamental, dan menyeluruh. Sila-sila Pancasila merupakan kesatuan yang bulat dan utuh hiererkis serta sistematis. Dalam pengertian ini, sila-sila Pancasila merupakan sistem filsafat. Konsekuensinya, kelima sila tidak terpisah-pisah dan memiliki makna sendiri-sendiri, tetapi memiliki esensi dan makna yang utuh.
Secara kausalitas, nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif. Artinya, esensi nilai-nilai Pancasila bersifat universal, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Dengan demikian, Pancasila dimungkinkan dapat diterapkan di negara lain walaupun tidak dengan nama Pancasila. Dengan kata lain, jika suatu negara menggunakan prinsip filosofi bahwa negara berketuhanan, berkemanusiaan, berpersatuan, berkerakyatan, dan berkeadilan, negara tersebut pada hakikatnya menggunakan dasar filsafat dari nilai sila-sila Pancasila.
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia pada hakikatnya merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam negara Indonesia. Sebagai suatu sumber dari segala sumber hukum, Pancasila secara objektif merupakan suatu pandangan hidup, kesadaran, cita-cita hukum, serta cita-cita moral yang luhur meliputi suasana kejiwaan dan watak bangsa Indonesia, yang pada tanggal 18 Agustus 1945 telah dipadatkan dan diabstraksikan oleh para pendiri negara menjadi lima sila dan ditetapkan secara yuridis formal menjadi dasar filsafat negara Republik Indonesia.

Review Pancasila


Produk Terkait dengan Pancasila