Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Fiqh Munakahat Perbandingan Fiqh Munakahat Perbandingan Roll over image to zoom in

Fiqh Munakahat Perbandingan

Kode Produk : DI66774
ISBN : 978-979-076-099-8
Penulis : Dedi Supriyadi, M.Ag.
Penerbit : Pustaka Setia
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Setia Books Supplier Dikirim dari Kabupaten Bandung - Jawa Barat
Kategori : Agama Islam
Cover : Soft Cover
Dimensi : 16 x 24 cm
Jumlah Halaman : 264
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 350 gr
Stok Produk : Gudang Supplier Proses Pengiriman Stock di Gudang Supplier

Rp 35.000

Rp 31.500

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Buku ini tidak hanya menampilkan dalam kemasan yang datar-datar, tetapi juga memberikan wawasan baru bagaimana sebuah hukum yang tadinya digali dari pendapat para ulama, yang dalam prosesnya tidak terlepas dari “perbandingan” dan “pertandingan” pendapat fuqaha sampai terbentuk menjadi legal drafting hingga legislasi.

Diawali dengan pembahasan seputar wali pada bab 1, yang menyajikan ragam pendapat dari empat mazhab fiqh (Hanafi, maliki, Safi’i dan Hambali)- yang dianalisis dari titik persamaan dan perbedaan ijtihad masing-masing mazhab. Langkah kedua pada Bab II memaparkan profil perundang-undangan dunia Islam yang berjumlah 11 negara- dimulai dari Turki dan Cyprus; Lebanon dan Israel; Mesir dan Sudan; Yordania dan Siria; Iran dan Irak hingga Indonesia. Semua negara tersebut membahas batasan usia perkawinan, baik dari sudut kontekstual maupun tekstual hukum kenegaraan . Langkah serupa  ditampilkan pada Bab III yang menganalisis konsep kafaah (equality) sebuah perkawinan dari Ottoman law of   family Rights dan UU no.1 tahun 1974 dengan membandingkan kedua konsep tersebut hubungannya dengan pendapat fuqaha. Pembahasan yang sama dalam kajian konsep dipaparkan pada Bab IV, yang menganalisis konsep naskah (maintenance) menurut The Maroccan Code of Personal Status 1958; The Irak Law Of Personal Status 1959; dan kompilasi Hukum Islam Indonesia.

Kajisn hukum perkawinan yang selalu hangat sampai sekarang, yaitu poligami dan nikah mut’ah dibahas pada Bab V dan VI dari perspektif fuqaha sampai perundang-undangan. Kajian konsep ditampilkan lagi pada Bab VII, yang membahas seputar Hadhonah (Custody Of Children) yang ada pada Tunisian Code of Personal Status 1958 dan kompilasi Hukum Islam di Indonesia.

Akhir pembahasan buku ini, memprofilkan kembali empat negara dari kawasan ASEAN: Malaysia, Brunei, Singapura, dan Indonesia, dimulai dari keberadaan umum tentang hukum perkawinan Islam di masing-masing negara sampai pada ketentuan perceraian dan problematikanya.

Review Fiqh Munakahat Perbandingan


Produk Terkait dengan Fiqh Munakahat Perbandingan