Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • ILMU BALAGHOH Terjemah Kitab Jauharul Maknun ILMU BALAGHOH Terjemah Kitab Jauharul Maknun Roll over image to zoom in

ILMU BALAGHOH Terjemah Kitab Jauharul Maknun

Kode Produk : DI82770
ISBN : 9786021456541
Penulis : Imam Akhdlori
Penerbit : PT. Al Maarif
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Duta Ilmu Supplier Dikirim dari Kabupaten Tuban - Jawa Timur
Kategori : Terjemah Kitab Kuning
Cover : Soft Cover
Dimensi : 14 x 21 cm
Jumlah Halaman : 285
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 270 gr
Stok Produk : Gudang Duta Ilmu Proses Pengiriman
Harga Dropshipper : Rp 37.500 Info Dropship Detail

Rp 50.000

Rp 40.000

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Bagi kalangan santri di pesantren, khususnya salafiyah, kitab-kitab yang membahas tata bahasa Arab itu sangat intens dipelajari.

Terkadang, para santri diwajibkan untuk menghafal setiap nazam yang terkandung dalam kitab-kitab tersebut. Kitab-kitab ini dipelajari bagi para santri untuk memudahkan mereka memahami berbagai ilmu pengetahuan yang terdapat dalam berbagai kitab klasik (kitab kuning).

Jauhar al-Maknun

Kitab Jauhar al-Maknun karya Syekh Abdurrahman al-Akhdhari adalah salah satu kitab yang membahas ilmu tata bahasa Arab. Di dalamnya terdapat sejumlah nazam yang berkaitan dengan tata bahasa dan sastra Arab.

Adapun kitab Matan al-Jurumiyyah adalah kitab dasar dalam ilmu nahwu. Kitab ini merupakan salah satu matan yang biasa dipakai oleh kalangan pesantren untuk mempelajari dasar-dasar ilmu nahwu bagi pemula.

Dalam setiap sorogan, santri dituntut paham dan mampu menghafal tiap kaidah-kaidahnya agar mudah memahami materi selanjutnya.

 

Berbeda dengan kitab Matan al-Ajurumiyah yang berisi penjelasan tentang ilmu nahwu atau kitab Al-Amtsilah at-Tashrifiyyah yang menjelaskan pembagian kosakata bahasa Arab sesuai dengan zamannya (sharaf), kitab Jauhar al-Maknun berisi tentang sastra bahasa Arab (balaghah).

Karena itu, dengan menggunakan sastra Arab, sebuah kata atau kalimat akan menjadi sangat indah. Itulah keindahan bahasa sastra.

Misalnya, dalam salah satu nazamnya, Syekh Abdurrahman al-Akhdhari mengatakan, Mawadatuhu taduumu likulli hawlin. Wa hal kullu mawadatuhu taduumu. (Cintanya akan abadi sepanjang masa. Lalu, apakah setiap cintanya akan abadi?).

Inilah salah satu keindahan bahasa dalam tata bahasa Arab yang bernama balaghah. Begitu juga dalam syair-syair Barzanji, Diba', Habsyi, dan lainnya.

Review ILMU BALAGHOH Terjemah Kitab Jauharul Maknun


Produk Terkait dengan ILMU BALAGHOH Terjemah Kitab Jauharul Maknun