Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Islam Liberal Islam Liberal Roll over image to zoom in

Islam Liberal

Kode Produk : DI83220
ISBN : 979255338x
Penulis : Dr. Zuly Qodir
Penerbit : LKIS
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Duta Ilmu Supplier Dikirim dari Kabupaten Tuban - Jawa Timur
Kategori : Agama Islam
Cover : Soft Cover
Dimensi : 15 x 21 cm
Jumlah Halaman : 310
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 265 gr
Stok Produk : Gudang Duta Ilmu Proses Pengiriman

Rp 65.000

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

Buku yang ditulis, dengan studi pemikiran Islam tahun 1990-an sampai 2001 ini, sebenarnya memberikan gambaran bahwa dari institusi yang sama dengan guru intelektual yang semula sama, akhirnya juga menghadirkan corak intelektual yang beragam. Keragaman pemikiran Islam itulah yang memberikan kekayaan dalam khazanah studi pemikiran Islam Indonesia. Pemikiran Islam Indonesia tidak pernah tunggal dan berhenti pada satu pendulum saja. Dia terus bergerak dan beragam coraknya, sekalipun dikatakan dalam satu kerangka atau karakteristik pemikiran.

Menurut penulis buku ini, ada beberapa corak pemikiran baru Islam di Indonesia. Pertama, corak neo-modernisme, yang memiliki asumsi dasar bahwa Islam harus dilibatkan dalam perdebatan-perdebatan dengan modernitas. Kedua, corak sosialisme-demokrasi, yakni pemikiran yang memiliki bahwa Islam pada dasarnya membawa misi sosialisme sehingga Islam harus mampu memberi makna pada kehidupan sosial, mampu mentransformasikan masyarakat dengan pelbagai aspeknya. Beberapa pemikir yang dimasukkan ke dalam kategori pemikiran ini adalah Dawam Rahardjo, dan Kuntowijoyo.

Ketiga, corak universalisme, yakni pemikiran yang memiliki asumsi bahwa Islam tidak mengenal dikotomi antara nasionalisme dan islamisme karena Islam bersifat universal. Pemikir yang dikategorikan ke dalam kelompok ini adalah Jalaluddin Rahmat, M. Amien Rais. Keempat, corak modernisme, yakni pemikiran yang memiliki asumsi dasar bahwa Islam sesuai dengan kondisi modern. Di antara tokoh yang masuk kategori ini adalah Syafii Maarif, Djohan Effendy, dan Ahmad Wahib.

Beberapa corak atau karakter dari pemikiran itu adalah, mereka yang pada umumnya mencuatkan semangat pembaruan pemikiran berdasarkan pada perlunya reinterpretasi Islam, atau Rethinking Islam dalam istilah Arkoun. Semangat pemikiran Islam yang demikian ini oleh Greg Barton disebut pemikiran Islam Liberal.

Secara operasional, gerakan pemikiran Islam Liberal, oleh penulis

Review Islam Liberal


Produk Terkait dengan Islam Liberal