Kumpulan Penerbit / Supplier Buku Indonesia
  • Mikul Dhuwur Mendhem Jero Mikul Dhuwur Mendhem Jero Roll over image to zoom in

Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Kode Produk : DI83317
ISBN : 9789791706247
Penulis : Janmo Dumadi
Penerbit : Pura Pustaka
Supplier :
X
Anda bisa klik link Supplier untuk melihat koleksi lengkap produknya
Duta Ilmu Supplier Dikirim dari Kabupaten Tuban - Jawa Timur
Kategori : Filsafat
Cover : Soft Cover
Dimensi : 14 x 21 cm
Jumlah Halaman : 132
Bahasa : Bahasa Indonesia
Berat Produk : 200 gr
Stok Produk : Gudang Duta Ilmu Proses Pengiriman

Rp 25.000

Transaksi Lewat Tokopedia
Transaksi Lewat Bukalapak

Anda bisa juga menggunakan fasilitas Live Chat dan Email untuk menghubungi kami
Email

TANAH ]AWA adalah wilayah yang memiljki sejarah panjang dan sangat kaya dengan berbagai budaya dan falsafah hidup yang datang silih berganti. Beragam falsafah dan pandangan hidup tersebut kemudian membentuk unsur-unsur budayajawa yang masih hidup hingga sekarang. Falsafahjawa penuh dengan nilai-nilai iuhun simbol dan ,makna yang dalam bagi mereka yang memahami dan bersedia menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu idiom dalam bahasajawa yang sarat dengan makna yang dalam adalah mikul dhuwur mendhem jero, yang serat kaitannya dengan jalan kepemimpinan dan sikap keteladanan bagi kita yang hidup sekarang ini. Dalam falsafah jawa, pemimpin yang baik dianggap sebagai titisan Tuhan di muka bumi. Masalah kekuasaan dan kepemimpinan dalam falsafah jawa selalu dikaitkan dengan nilai-nilai ideal yang berorientasi kepada dunia supranatural. Katakanlah semacam dewa, Tuhan, dan Iainnya. Pemimpin yang terpilih adalah yang mendapat pulung/ndaru atau wahyu keprabon yang hinggap dalam dirinya sehingga ia sanggup menjadi perantara antara dunia manusia dan alam gaib, dunia ilahi. Tugas mulia seorang pemimpin ini terutama menciptakan kehidupan yang harmonis antara manusia,alam, dan Tuhan. Dan salah satu pilar utama hidup harmonis itu
adalah keadilan. Oleh karenanya, pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menerjemahkan nilai-nilai keadilan dalam praksis kehidupan, bukan sekadar omong kosong di depan sidang atau saat di hadapan massa untuk berkampanye. Orang-orang yang dipimpin harus mendapatkan rasa adil dan kesejahteraan Iahir dan batin. Maka, pemimpin yang menjadikan hidup rakyat makin menderita, tidak tenang dan tenteram, antre barang-barang kebutuhan pokok di sana-sini, menandakan bahwa kepemimpinan yang ada sekarang ini bukanlah kepemimpinan yang ideal, bukan merupakan pilihan rakyat yang sesungguhnya, bukan "titisan dari dunia ilahi yang mendapat pulung atau ndaru.Sebuah buku bermutu dan berguna bagi ilmuan, seniman, budayawan dan masyarakat umum.

Review Mikul Dhuwur Mendhem Jero


Produk Terkait dengan Mikul Dhuwur Mendhem Jero